Senin, 05 Desember 2011

KIMIA DASAR BAB 8


SOAL BAHAN DISKUSI KELAS
KLUSTER 4. ENERGI
BAB 8. TERMODINAMIKA

1.      Berikan penjelasan dan contoh tentang: system, lingkungan, kalor, kerja, energy dalam, entalpi, entropi, spontan, reversibel.
2.      Seorang mahasiswa makan jalangkote yang nilai kalorinya adalah sebesar 102 Joule (sesuai dengan informasi dari penjual jalangkote) di Pintu 1. Setelah makan, mahasiswa itu jalan kaki masuk ke kampus. Dari kalorimeter digital yang dia miliki tercatat nilai sebesar 57 Joule untuk aktivitas itu. Hitung perubahan energy dalam mahasiswa tersebut, jika system tubuhnya hanya tergantung dari kedua aktivitas itu.
3.      Satu mol uap benzene dicairkan pada titik diidh normalnya, yaitu 80,1 C. Proses ini merupakan proses reversibel, dan berlangsung pada tekanan tetap 1 atm. Jika diketahui panas penguapan benzene adalah 30,75 kJ/mol, hitung q, w, DU (atau DE), DH, DS dan DG. (tetapan R = 8,31 J/mol.K)
4.      Suatu cuplikan n-heptana sebanyak 0,5 g dibakar secara sempurna dengan oksigen berlebih dalam calorimeter bom (pada volume tetap) menjadi CO2(g) dan H2O(l). Suhu air yang mengelilingi wadah pembakaran meningkat sebanyak 2,934 C. Jika kapasitas kalor calorimeter dan perlengkapannya adalah 8175 J/K dan suhu rata-rata calorimeter adalah 25 C, hitung DU dan DH, per mol heptana, bagi proses ini.
5.      Hitung entalpi standard dari reaksi disosiasi gas PCl5 menjadi PCl3 dan Cl2 . Apakah reaksi berlangsung eksotermik atau endotermik. Note: lihat data-data entalpi reaksi di diktat/buku referensi.
6.      Hitung entalpi standard untuk reaksi pembakaran etanol. Apakah reaksi berlangsung eksotermik atau endotermik. Note: lihat data-data entalpi reaksi di diktat/buku referensi.
7.      Jika serbuk tembaga ditambahkan pada larutan perak nitrat di dalam tabung reaksi ? Dengan kata lain, apakah reaksi: Cu(s) + 2 Ag+ (aq) à Cu2+(aq) + 2 Ag(s), merupakan reaksi spontan ? (T,P à standard)
8.      Berikan penjelasan secara termodinamika terhadap pertanyaan ini: mengapa mulut terasa dingin pada saat mengunyah es krim ?


2 komentar:

  1. bisakah dikirimkan jwbnnya lewat email. tolong dlu ni emailku : opuaffangifary@ymailcom

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus